TEKNIK MANCING MENGGUNAKAN REEL BAITCASTING

Salam Angler..

Untuk para mancing mania,yang sudah terbiasa menggunakan Reel spining biasanya akan penasaran juga untuk mencoba jenis reel lain nya, salah satunya jenis baitcasting Reel yang digunakan untuk memancing secara casting yang dapat digunakan di laut ataupun sungai dan rawa bahkan danau.

Baitcasting memang dari penampakan reel dan jenis joran yang digunakan pun berbeda dari segi fisik penampilan, ini dia penampakan nya :

baitcasting-reel

BAGIAN BAGIAN DARI BAITCASTING REEL

Untuk para pemula/bahkan yang belum pernah coba ingin mengetahu cara penggunaan dan sensasi strike nya jika menggunakan perangkat ini.

joran-cast

BENTUK JORAN CASTING

Joran untuk reel baitcasting ini dari penampakan fisik berbeda dengan joran biasa /spining, karena penempatan/dudukan reel berada diatas dan lubang senar/mamarit posisinya berada diatas.

Pada awal menggunakan piranti ini,semua pasti pernah mengalami senarnya kusut menggumpal seperti sarang burung saat hendak melontarkan umpan. Untuk tidak kusut sama sekali memang tidak mungkin terjadi tetapi meminimalisir frekuensi kusut masih sangat bisa dilakukan.

castung

RELL DAN JORAN BAITCASTING

Caranya dapat dicoba sebagai berikut :

  1. Pastikan ril sudah terisi oleh senar, dan untuk latihan melempar sebaiknya menggunakan pemberat seperti gantungan kunci atau sejenisnya sebagai umpan yang digunakan
  2. Pada sistem magnetic brake terdapat angka mulai dari 1 (minimum) – sampai dengan 10 (maksimum). Silahkan pilih angka paling maksimum yaitu 10
  3. Begitu juga dengan tension knobnya putar hingga ke bagian paling maksimum
  4. Kemudian tegakkan joran hingga beberapa derajat sampai umpan terlihat menggantung. Lalu tekan thumb bar supaya spool berada dalam keadaan bebas (free spool). Umpan yang tergantung di ujung joran tidak akan jatuh ke tanah karena spool tension knob berada pada posisi maksimum yang menyebabkan spool tidak berputar.
  5. Selanjutnya, putar spool tension knob sedikit demi sedikit sehingga umpan bergerak turun ke bawah secara perlahan. Pastikan sewaktu umpan menyentuh tanah, spool langsung berhenti berputar (setting tension maksimum) atau berhenti berputar dalam waktu singkat.
  1. Sekarang coba lakukan lemparan pertama, mungkin hasilnya tidak terlalu jauh tapi yang terpenting tidak backlash.
  2. Tidak berhenti sampai di situ, sekarang coba turunkan magnetic brake ke tahap minimum sedikit demi sedikit. Kalau tadi brake di setting pada angka maksimum yaitu 10, sekarang turunkan ke angka 9 atau 8 kemudian lakukan lagi lemparan. Hasil kali ini mungkin akan lebih jauh jaraknya dibanding lemparan pertama tadi dan jika tidak backlash, turunkan kembali brake ke angka yang lebih rendah kemudian lakukan lemparan kembali begitu seterusnya.
  1. Settingan ril yang biasa digunakan adalah pada angka 2 atau 3, dan jika pada angka tersebut tetap tidak terjadi backlash maka anda sudah mendapatkan settingan yang sesuai
  2. Yang perlu diingat adalah cara setting seperti ini harus disesuaikan dengan berat umpan yang akan digunakan nantinya
  3. Selain settingan ril baitcasting yang harus sesuai, kemahiran Anda melempar juga sangat menentukan terjadinya backlash atau tidak.

Selamat mencoba dan belajar menggunakan piranti baru mancing anda , jika belum mempunyai baitcasting reel/joran nya ..Bisa hubungi /datang langsung ke lokasi NOLAND FISHING , Tersedia Stock di kami.

Selamat Weekend… Strike Mantap NOLAND Fishing.

4 thoughts on “TEKNIK MANCING MENGGUNAKAN REEL BAITCASTING

Tinggalkan komentar